Caving

Caving 

Susur gua atau jelajah gua (Inggris caving) adalah olah raga rekreasi menjelajahi gua.
Tantangan dari olah raga ini tergantung dari gua yang dikunjungi, tapi seringkali termasuk negosiasi lubang, kelebaran, dan airPemanjatan atauperangkakan sering dilakukan dan tali juga diguanakan di banyak tempat.
Caving kadangkala dilakukan hanya untuk kenikmatan melakukan aktivitas tersebut atau untuk latihan fisik, tetap awal penjelajahan, atau ilmu fisik dan biologi juga memegang peranan penting. Sistem gua yang belum dijelajahi terdiri dari beberapa daerah di bumi dan banyak usaha dilakukan untuk mencari dan menjelajahi mereka. Di wilayah yang telah dijelajahi (seperti banyak negara dunia pertama), kebanyakan gua telah dijelajahi, dan menemukan gua baru seringkali memerlukan penggalian gua atau penyelaman gua.
Gua telah dijelajahi karena kebutuhan manusia untuk beberapa ribu tahun, namun hanya dalam beberapa abad terakhir aktivitas ini menjadi sebuah olah raga. Dalam dekade terakhir caving telah berubah karena adanya peralatan dan baju perlindungan modern.
Banyak keahlian dalam caving dapat digunakan di olah raga lain seperti penjelajahan tambang dan penjelajah perkotaan.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Susur_gua

Hmm.. Kawan-kawan aku ingin berbagi cerita nihhh...
Cerita waktu aku Menyellusuri Gua (Caving) ..
And.. dan ini lah cerita dan Foto-foto saat kami caving di Gua Cikenceng :
#cekidot


Kami ke sana karena untuk mencari pengalaman, karena aku sendiri pun belum pernah ke Gua,
Jadi ini pertama kali nya aku ke Gua.
Aku pergi ke Gua bersama 2 Senior dari Pecinta Alam di sekolah kami yaitu Bang Fajar dan Bang Bowo, nama PA nya TEKSAPALA (Teknik Satu Pecinta Alam) dan bersama 2 PA Tradyakala yaitu bang Ebbi dan Bang  Bicu , dari semua nya yang ke Gua perempuan yang ikut hanya 3 orang yaitu aku dan 2 temanku.
Lokasi nya di Gua CIKENCENG Bogor.
Waktu aku dan teman - teman ke sana waktu nya pas bulan puasa, tapi aku lupa tanggal berapa tpi aku ingat kejadian nya pas malam Minggu ,
Dan pengalaman sahur yang berbeda dari sebelum-sebelum nya yaitu kami semua Sahur di dalam Gua, itu baru pertama kali aku rasakan serta malam Minggu di Gua ,,
Banyak hal - hal yang terjadi saat di perjalanan,
Kami berangkat sekitar jam 7/8 malam, berangkat dari lokasi sekolah Kami yaitu SMK 1 Jakarta biasa di sebut BOEDOET,
Kami ke Gua bukan karena suruhan dari sekolah, tapi karena keinginan kami sendiri untuk ke sana.
Kami berangkat dari Boedoet 12 orang tetapi hanya ada 4 motor, jadi 1 motor berjumlahkan 3 orang.
Oke sebelum memulai perjalanan kami pun berdo'a dan Ngengg... Perjalanan pun di mulai.
:D
Tetapi tidak memungkinkan untuk ke sana menaiki motor berjumlah 3 orang, dan akhir nya kami ke tempat kuliah nya bang Ebbi untuk menemui teman nya bang Ebbi yaitu Bang Bicu.
Dari seklolah kami yang ikut kesana berjumlah 11 orang dan yang dari luar sekolah 2 orang.
dari semua jumlah, perempuan yang ikut hanya 3 orang yaitu saya sendiri dan 2 teman saya.
Dari tempat kuliah nya bang Ebbi kami ke daerah *** (lupa nama nya), dan di sana kami patungan untuk menyewa mobil angkot, jadi anak cowo naik angkot dan anak cewe di boncengi oleh senior naik motor.
Dan selama di perjalanan ada kejadian yang mungkin belum aku rasakan yaitu kami yang naik motor di tilang oleh polisi entah karena apa kami di tilang, biasalahh mau lebaran jadi polisi seperti mengadakan razia di jalan-jalan gitu dehh, yang kena bukan kami saja tetapi banyak orang lain yang kena tilangan.
Tetapi dari kelompok kami yang di tilang 3 motor yang 1 motor lagi lolos, yang aneh nya yang di tilang yang naik motor boncengan berdua (boncengan nya laki sama perempuan lagii -_-) teman saya yang lolos dia naik motor hanya sendiri, aneh kan??
Mungkin di kirain nya pacaran kali yaa.. padahal mah kagaaa!!!
Dan setelah kami selesai mengurus tilangan tadi kami melanjutkan perjalanan kami dan bweeeee macetnyaaaa.... biasalah mau lebaran jadi maceett..
Dan ada suatu kejadian yaitu kami di Tilang lagiiiiii ... T_T
Memang tilangan yang kedua ini kami yang bersalah, karena kami jalannya ferbodden,
Kami tidak tahu kalo ada tanda ferbodden karena tanda nya tidak terlihat, ada teman kami yang melihat tetapi dia tidak bilang mungkin karena nasib sedang jelek jadi nya kami kena tilangan dehh.. bukan kami saja yang kena tilangan tapi ada bapak-bapak yang kena tilangan juga dan all hasil kami pun di suruh ikut ke kantor nya, ternyata kata pak polisi nya itu tadi pagi ada yang kecelakaan dan orang nya meninggal jadi supaya tidak ada kejadian seperti itu lagi akhir nya pak polisi pun berjaga di sana.
Dan saat kami sampai di sana tadi nya motor kami ingin di sita tapi kami menjelaskan kalau kami ingin ke Gua, kan tidak mungkin sekali kalau kita ke sana tidak menggunakan motor dan akhir nya yang anak cowo masuk ke kantor untuk berdamai oleh pak polisi... dan bla bla bla bla akhir nya selesai deh urusan kita di kantor polisi..
:D
Kami pun melanjutkan perjalanan lagi, kami sempat berhenti di tengah perjalanan untuk membeli snack2 dan bekal untuk sahur nanti, sekitar pukul 11/12 malam kami sampai di LINGGIH ALAM yaitu komunitas Pecinta Alam di daerah sana, kami istirahat dahulu sebentar dan bersiap-siap sebelum ke Gua.Sebelum berangkat ke lokasi kami di bagi 2 kelompok, aku dapat kelompok pertama yang megang kelompok pertama bang Bicu di kelompok pertama aku perempuan sendiri karena 2 temanku yang perempuan mereka di kelompok ke 2 Sekitar jam 02.00 kami ke lokasi Gua Cikenceng,  sebelum kami terjun langsung ke Gua kami berfoto-foto dahulu di sana setelah itu kami berdo'a, ternyata gua nya tidak sama dengan bayangan ku Gua nya itu sangat gelap dan lubang untuk masuk ke Gua nya itu sempit tentu saja hati ku dag dig dug deg dog. Tetapi jika kita ketakutan jangan sampai di otak kita berfikiran kalau kita itu takut dan kita akan gagal berfikirlah positive dan bawai enjoy ajj..
Dan akhir nya jeng jeng jeng jeng jeng......
Waktu yang di tunggu-tunggu pun tiba, kelompok satu terjun duluan ke Gua, lalu di susul oleh Kelompok 2.
Di dalam Gua sana medan nya sangat rumit bagi pemula, karena kita harus manjat air terjun sebanyak 2 kali, apalagi kalo yang tidak jago memanjat pasti akan sangat sulit sama sepertiku, aku saja naik nya di bantu dorong dari bawah, untung saja pada saat itu bukan musim hujan jadi air terjun nya tidak ada air hanya ada sedikit, kalau seandai nya pada saat itu musim hujan air terjun nya deras di aliri air dan medan akan semakin sulit, tetapi untung nya saja pada saat itu bukan musim ujan.. Allhamdulillah sesuatu banget :D
Banyak hal-hal menarik yang terjadi di dalam gua sana, tidak lupa juga kami berfoto-foto di dalam gua sana untuk kenangan-kengan, kapan lagi narsis di dalam gua??? Belum tentu kan kita bisa ke Gua lagi ..
:D
Kelompok 2 menyelam di dalam gua, kelompok 1 juga menyelam tetapi saya tidak ikut karena saya tidak bisa berenang.. dan itu adalah hal yang paling saya sesalkan, karena saya tidak merasakan dingin nya air di dalam gua, dan di sana banyak binatang-binatang unik yang kita temui yang tidak ada di luaran sana selain di dalam gua, binatang nya sangat canti-cantik.. Itu semua kebesaran Allah SWT.
Pada saat sahur kami pun berhenti untuk sahur, di sana makan nya kami berbagi-bagi, jadi tidak ada yang boleh pelit.. 
Oke akhirnya kami memutuskan untuk keluar dari Gua.. 
Kami sampai di luar gua sekitar kurang lebih jam 05.30,
Tidak lupa juga setelah keluar dari Gua kami pun berfoto-foto lagi.. :D
Sehabis dari Gua kami pergi ke Sungai untuk bersih-bersih dan bermain air sedikit, lalu kami kembali ke Basecamp untuk istirahat dan tidur sebentar, pada saat  tidur kami semua tertidur pulas karena kami semua capai..
Setelah tidur kami ke sungai yang berada di belakang Basecamp untuk mencuci muka dan bermain air, lalu sperti biasa setelah itu kami berfoto-foto lagi.
Kami packing mulai dari jam 10.30 an, dan kami mulai melakukan perjalanan pulang mulai pukul jam 12.00 lebih, kami berusaha keas supaya tidak batal puasa di perjalanan pulang karena pada saat itu sangat panas sekali... tetapi tetap sajaa ada teman kami yang batal di pejalanan karena dia tergoda oleh air minum yang di bawa oleh nya..
Hufh ..
Ngomong-ngomong jadi kelompok 1 enak juga lochh.. karena kelompok 1 lebih banyak foto nya, gimana gak banyak yang megang camera saja ada di kelompok 1??
ckckck,,, dan juga kerja sama kelompok 1 patut di anjungin jempol .. siip dehh (y)
Okee... akhirnya kami semua berkumpul dahulu di sekolahan setelah itu pulang ke rumah masing - masing,,

Dan ini lah Foto-foto nya:


Yang paling depan itu aku, yang di tengah Gusty
dan yang di belakang Michel


Ini Aku kawan.. 
:D


Yang lagi  berdiri yang memakai Slayer Hijau di kepala itu Bang Bowo
Itu terjadi pas kami Packing


Itu aku sedang membawa Carriel
Photo itu di ambil saat kami bersiap-siap ingin pulang


Dan ini LINGGIH ALAM


Itu ada Bang Bowo, Nova, Inggit dan aku
Photo itu di ambil saat kami di Pom Bnesin saat inginn pulang


Dan Perkenalkan ini lahh kelompok 1 kelompok paling kece..
Aku paling cantik loo di kelompok ini, ya iyya lah kan aku cewe sendiri.. :D
Yang paling depan itu Galih, Sukri, Aku, Michel, Gusty, Bang Bowo dan yg memoter Bang Bicu



Dan perkenalkan kami murid-murid dari SMKN 1 Jakarta


Say "Buncisss" (Pada Nyengir)
Paling depan itu Bang Ebbi Kawan..
Seperti biasa yang mengambil gambar itu Bang Bicu..
:D


Yang Palng belakang itu Randy, dan selebih nya tadi sudah di beri tahu kan kawan :D
Photo ini di ambil saat mau memasuki Gua


Dan itu Bang Fajar
Photo ini di ambil sebelum kita menuju Gua


Bertemu lagi deh dengan kelompok 1 yang kece-kece
:D


Hm.. yang muka nya setengah itu nama nya Adil..
Photo ini di ambil sebelum kita memasuki Gua


Photo ini di ambil ketika kita para pemula sedang di beri intruksi, 
dan pada saat ini lah kami di bagi 2 kelompok


Photo ini di ambil ketika kami ingin pulang
Pose ku keren yaa kawan.. cckck :p



Nahh inilah kami Caang 18 
(tetapi sekarang banyakk yang gagal jadi Anggota termasuk Aku :'(  )
Photo ini di ambil ketika kami keluar dari Gua


Ini lah murid-murid SMKN 1 yang kece-kece
:D


Photo ini di ambil ketika keluar dari Gua
Yang paling pinggir itu senior kami
Aku megang bendera Indonesia yang Paling Ujung



Photo ini di ambil sebelum masuk Gua
Lumayan banyak orbs nya yaa..


And This is ME 


Etss... bertemu kelompok 1 lagi..
Gua nya keren kan kawann..
:D


Say "Kejuuu"  (pada monyong)
:D



#Kejuu


Aku yang megang bendera kawan.. jadi nya gak keliatan dehh..
Oh iyya itu Bendera TEKSAPALA ..
Keren yaa..
:D








#Galau (Sebenarnya pada ngantuk)
hm.. itu ada aku, Inggit dan Nova


Yang paling depan aku, Sukri dan Bang Bowo...
Sempit kan Gua nyaa?



#Gusty monyong
:D


Tidak bosan-bosan nya..
Kita bertemu dengan kelompok 1 lagii...
Kelompok yang paling kecee..
:D





Kami saat lagi mempacking ..




Photo ini di ambil setelah kita keluar dari Gua loo..
Dan itu pun pagi, teteapi terlihat seperti malam yaa..



Itu aku sedang membawa senter
#gak nyadar kalau di photo


Bayangkan kalau tidak ada senter, Gua ini gelap sekali bukann???




Nahh.. itu aku yang memakai baju hitam, Inggit dan Nova
Photo itu di ambil ketika kita sedang di sungai, sedang mencuci baju
Padahal itu pagi loo..






Ini Adil
Sayang sekali gambar nya gelap


Ini Inggit


Ini Galih


Ini bang Bowo


Ini Michel
Pengambilan gambar saat ingin pulang


Ini Nova


Ini Randy


Ini Michel


Itu Bang Bicu dan Aku saat pas turun dari pintu Gua
Dan boolongan itu pintu masuk nya Gua, kecil kan??


Ini Sukri
Dia yang batal puasa saat di perjalanan pulang itu
:D


Ini Adil
Dia sampai-sampai naik motor hanya untuk mencari pemandangan yang OK untuk Photo
weleh weleh -_-"


Ini Bang Ebbi


Dan ini bang Bicu
Akhirnya dapat juga photo bang Bicu, karena dari tadi kan dia yang selalu memfoto..
Itu pun di ambil secara diam-diam oleh temanku loo..


Ini Bang Fajar
Dia dan Adil naik motor hanya untuk mencari pemandangan yang OK!!
:/


Ini bang Fajar saat di Gua


Ini Sukri





Ini kenangan aku bersama TEKSAPALA dan TRADYAKALA
Walaupun aku gagal menjadi Anggota TEKSAPALA tetapi aku kan selalu mengingat nya,
Selamat ya untuk Adi (tidak ikut ke Gua), Sukri, Gusty dan Inggit yang berhasil menjadi Anngota.
Terutama untuk Inggit nihh cewe ter Strong di angkatan 18
Yang gagal bukan aku saja, tetapi banyak
Alasan kenapa aku gagal yaitu salah satu faktor larangan ortu selebih nya rahasia..

OK!!
Sekian cerita singkat dariku..
Maaf yaa kalau kurang seru,
Mungkin di cerita tidak seru tetapi kejadian asli nya sangat seruu lochh..
:D

Okay Thank You..
By..
:*